wisata budaya

Berwisata Melalui Budaya Menggerakkan perekonomian Rakyat

Negara Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai macam budaya. Disetiap daerah terdapat berbagai macam budaya bahkan tidak hanya satu budaya tapi banyak budaya. Berbagai budaya menyebar diseluruh nusantara, ada yang asli dari Indonesia dan ada juga budaya yang merupakan hasil akulturasi dengan kebudayaan asing. Dari budaya yang ada dapat dijadikan sebagai industri pariwisata yang dapat menggerakkan perekonomian rakyat. Namun, akhir-akhir ini sudah banyak budaya Indonesia yang diabaikan, dilupakan bahkan ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya remaja tetapi juga orang tua. Padahal melalui budaya, terbukti dapat meningkatkan taraf hidup, menggerakkan perekonomian rakyat.

Potensi budaya yang terdapat di Jogja sangatlah banyak. Industri pariwisata Jogja juga berkembang pesat seperti halnya di Bali. Salah satunya adalah potensi budaya di kecamatan Minggir kabupaten Sleman. Budaya yang  ada didaerah ini diantaranya adalah kesenian jatilan dengan organisasi tertua Krida Anom yang berdiri pada tahun 1984 terdapat di dusun Tengahan IX Desa Sendangagung Minggir.

Jatilan merupakan kesenian sekaligus kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan. Kesenian jatilan banyak mengandung unsur mistis karena dalam jatilan sebelum memulai pertunjukan diadakan ritual-ritual tertentu dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Diantaranya adalah ada kemenyan, kembang tujuh rupa dan juga sesaji. Unsur mistis lainnya adalah pada saat pertunjukan tubuh pemain dimasuki roh atau dalam bahasa jawa disebut “kerangsupan”. Setelah itu pemain melakukan atraksi-atraksi yang sangat berbahaya seperti mulai dari makan kembang sampai pecahan beling dan tubuh mereka tidak terluka sedikitpun. Setelah selesai beraksi mereka akan digiring oleh pawang dan disadarkan lagi.

Unsur lain yang ditonjolkan dalam kesenian ini adalah seni tari dan kemahiran dalam memainkan alat musik tradisional. Pada saat pembukaan pemain menari dengan tari-tarian tradisional dengan diiringi bunyi gamelan dan lagu-lagu jawa.

Dari satu kesenian yang disebut jatilan dapat memadukan berbagai macam kebudayaan Indonesia. Mulai dari unsur religi sampai seni. Ini merupakan aset negara yang berharga bagi Indonesia yang tidak akan ditemui dinegara lain. Hal ini memberi peluang yang sangat besar bagi Indonesia untuk menarik wisatawan dan akan menambah pilihan berwisata bagi wisatawan yang berkunjung di Jogja.

Kesenian ini terbukti dapat menggerakkan perekonomian rakyat di kecamatan Minggir. Mulai dari kelompok jatilan itu sendiri sampai warga sekitar yang memanfaatkan momen tersebut untuk berjualan dan terbukti hasil yang didapat dari berjualan ditempat pertunjukan jatilan lebih banyak dan mendapat keuntungan yang banyak dari biasanya.

Pertunjukan jatilan tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan Indonesia tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan para pelakunya. Dengan seringnya pertunjukan jatilan yang diadakan maka penghasilan para pemain juga akan bertambah dan lebih baik sehingga dapat membantu perekonomian keluarg. Jatilan juga dapat digunakan sebagai aset negara dalam menarik wisatawan asing melalui bidang kepariwisataan. Jangan jadikan jatilan asing dinegaranya sendiri. Jangan biarkan jatilan mati suri.

Salah satu potensi budaya Jogja yang mendukung kepariwisataan adalah jatilan. Jatilan mengandung nilai religi dan seni. Dari jatilan perekonomian rakyat berkembang lebih baik. Jatilan merupakan aset berharga Indonesia yang perlu dilestarikan. Seperti istilah “ Sambil menyelam minum air”, pertunjukan jatilan selain digunakan untuk melestarikan budaya Indonesia juga dijadikan untuk menggerakkan perekonomian rakyat.

2 Comments (+add yours?)

  1. perespersik
    Jan 26, 2011 @ 05:29:07

    wah bener iku. sxan buat melestarikan budaya yang udah mulai luntur terkikis oleh jaman modern. apek apek apek

    Reply

  2. ninda
    Jan 26, 2011 @ 09:16:24

    kebudayaan daerah yang menjadi keunikan bangsa Indonesia harus dipertahankan agar tidak punah dengan sering mengadakan pameran ataupun menampulkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ..
    bravo Indonesia ..:)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: